Mengurangi Sampah Plastik Harus Dimulai dari Diri Sendiri

Mengurangi Sampah Plastik Harus Dimulai dari Diri Sendiri

Plastik memang lebih praktis dalam membungkus makanan, wadah minuman dan membungkus barang lainnya. Karena sifatnya yang mudah didapat dan murah banyak orang yang menggunakannya, begitupun anak sekolahan yang gemar jajan pasti banyak bekas wadah dari plastik yang dibuang. Bayangkan setiap orang membuang satu sampah dikalikan dengan satu sekolah dan sekolah lainnya. Belum lagi tempat kerja, rumah dan masih banyak lagi.

Melimpahnya sampah plastik menjadi hal yang sangat serius untuk diperhatikan. Sampah plastik jelas sulit untuk terurai. Membutuhkan waktu yang sangat lama agar dapat terurai secara alami.

Plastik tentunya memiliki dampak buruk bila sering digunakan. Berdampak pada kesehatan karena mengandung berbagai zat kimia berbahaya yang dapat masuk kedalam peredaran darah manusia hingga menyebabkan kanker.

Plastik yang ditimbun ke dalam tanah juga akan berpengaruh pada kualitas tanah dan penyerapan air. Tanah dan air tersebut dapat terkontaminasi dengan zat kimia pada plastik.

Sampah plastik juga berpengaruh bagi makhluk hidup lain seperti hewan. Banyak kasus terjadi paus mati karena menelan berkilo – kilo plastik di perutnya. Jika hal ini terus terjadi hewan yang seharusnya dilindungi akan mengalami kepunahan. Perairan yang dipenuhi plastik pun akan mengancam populasi hewan di dalamnya.

Lingkungan juga akan menjadi sasaran sampah plastik. Bukan hal aneh lagi ketika terjadi banjir dan salah satu penyebabnya adalah saluran air, selokan atau sungai yang penuh dengan plastik. Dan membakar plastik pun, asap yang dihasilkan akan memengaruhi organ pada tubuh karena mengandung zat kimia berbahaya seperti dioksin.

Maka dengan banyaknya masalah sampah plastik, alangkah harusnya mulai membiasakan untuk mengurangi penggunaan plastik sedikit demi sedikit. Kebiasaan membeli air minum kemasan mulai diganti dengan membawa botol minum dari rumah atau sekarang orang sebut Tumbler. Membawa minum dari rumah juga akan memicu sikap hemat

Beberapa dari kita sudah menyadari akan pentingnya mengurangi sampah plastik, namun masih sulit untuk dilaksanakannya. Sampah plastik yang berlebih dapat merubah kehidupan kita dimasa yang akan datang, selain berpengaruh kepada kebersihan lingkungan sampah plastik juga berpengaruh untuk kesehatan. Maka dari itu betapa pentingnya kita harus mengurangi sampah plastik, lalu bagaimana caranya?

Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengurangi sampah plastik.

Pertama, tidak menggunakan kantong plastik kresek untuk melakukan proses jual beli, kita bisa membawa tas berbahan kain dari rumah ketika ingin membeli sesuatu.

Kedua, membawa botol air dari rumah, selain untuk mengurangi sampah plastik, membawa botol air dari rumah juga salah satu bentuk penghematan. Ketiga, tidak menggunakan sedotan plastik, ini adalah salah satu sampah plastik yang paling banyak ditemukan dimanapun.

Sebenarnya masih banyak yang bisa kita lakukan untuk mengurangi sampah plastik, ayo kita sama-sama mengurangi penggunaan plastik dengan cara yang yang sederhana. Kalo bukan kita, siapa lagi? Kalau bukan sekarang, kapan lagi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *