Ir. Haryo Pratopo: Menjadi Kontraktor, Tidak Melulu Cari Untung

Ir. Haryo Pratopo: Menjadi Kontraktor, Tidak Melulu Cari Untung

Terlahir dari keluarga mapan tidak serta-merta membuat Haryo Pratopo mudah meraih kesuksesan. Anak bungsu dari empat bersaudara ini merintis karirnya dari nol. Sebagai kontraktor atau konsultan pembuatan rumah menjadi pilihannya.

Ayah dari 2 anak yang juga suami dari Septiana Dewi ini  menuturkan, saya senang jika orang yang menggunakan jasa saya puas. Hal tersebut menjadi sesuatu yang tidak ternilai harganya.

Berikut hasil obrolan lengkap dengan Bapak Ir. Haryo Pratopo, seorang kontraktor bangunan yang berdomisili di Bejen Bantul Yogyakarta.

Mengapa anda tertarik menjadi kontraktor?

Setelah lulus dari SMA saya benar-benar bingung ingin melanjutkan kuliah. Kemudian saya berpikir, karena seringnya terjadi gempa di wilayah Bantul, maka diperlukan ilmu dan keahlian untuk merancang bangunan yang tahan akan gempa. Oleh karena itu saya memutuskan untuk memilh jurusan Tekhnik Sipil, agar bisa membuat bangunan kokoh, artistik dan tahan gempa.

Apa motivasi anda ?

Kalau kita lihat banyaknya rumah yang roboh pada waktu gempa dikarenakan konstruksi yang kurang baik. Konstruksi yang baik tidak harus mahal, yang penting proporsional. Maka diperlukan perancangan yang baik sebelumnya.

Jadi nawaitu saya sejak awal,  adalah ingin membantu orang lain dalam hal membuat rumah, tidak melulu cari untung.

Apakah menggunakan jasa kontsraktor itu pasti mahal?

Memang telah terjadi kesalahpahaman dimasyarakat selama ini jika membuat atau merenovasi rumah dengan jasa kontraktor itu lebih mahal. Padahal hal itu tidak selamanya benar. Malahan dengan menggunakan jasa konstraktor semua bisa direncanakan lebih matang. Dengan perencanaan yang baik mengakibatkan penghematan dan efisiensi.

“Saya jamin, apabila direncanakan dengan baik dan dihitung dengan cermat, maka membangun dengan menggunakan jasa kontraktor akan lebih hemat,” tegasnya.

Bagaimana pengalaman anda didunia konstruksi

Sudah banyak sekali customer yang saya dampingi dalam pembuatan dan juga renovasi rumah. Setiap orang punya karakter masing masing,  maka saya juga sambil belajar ketika memberikan konsultasi pada mereka,

Ada kepuasan tersendiri apabila dapat membantu seseorang mewujudkan impiannya untuk mempunyai rumah tinggal. Banyak diskusi dan dinamika disana.

Bangunan apa yang lagi trend saat ini?

Beberapa konsumen saat ini ingin dibuatkan tempat kost,ruko atau tempat usaha. Tentunya hal tersebut membutuhkan perencanaan tersendiri agar bangunannya nyaman ditempati dan segera balik modal.

Yang juga lagi trend saat ini adalah permintaan untuk membuatkan disain rumah joglo dengan gasebo dan pernak perniknya, yang  digabungkan dengan rumah yang sudah ada, hal tersebut juga tantangan tersendiri supaya estetikanya terwujud.

Berapa keuntungan menjadi kontraktor?

Saya termasuk orang mengedepankan profesionalitas , Membangun rumah perlu perencanaan yang matang agar hasilnya optimal namun tidak boros.

Bagi saya cukup mengambil dari jasa pembuatan perencanaan saja. Yang penting bisa ikut membantu mewujudkan keinginan customer dari dana yang tersedia.

Nawaitu saya sejak awal adalah senang jika dapat membantu orang lain, dan semoga hal ini menjadi lahan ibadah saya.

Bahkan orang yang hanya ingin sekedar konsultasi dalam membangun rumah, saya layani  dengan senang  tanpa memungut jasa apapun.

“Jadi kalau ada yang ingin tanya tanya, supaya langsung telphon saya saja,” pada akhir obrolan itu,

Sambil menyebutkan nomer Hpnya 081 328 711 312

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *