Bukit Klangon : Sudut Terbaik Melihat Puncak Merapi

Bukit Klangon : Sudut Terbaik Melihat Puncak Merapi

Sebagian orang mungkin belum terlalu kenal dengan nama Bukit Klangon atau Klangon Hills. Orang-orang lebih mengenal nama Bukit Indah Glagaharjo, karena berada di Desa Glagaharjo. Dan juga bukit ini menjadi tempat yang lebih sepi dibandingkan dengan Bukit di Kaliurang.

Bukit Klangon merupakan kawasan tertinggi yang dihuni oleh warga. Bahkan dari bukit ini terlihat dengan jelas Gunung Merapi. Dan tentunya, aktivitas Gunung Merapi ketika aktif dapat dipantau.

Ini adalah salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat berwisata ke Yogyakarta yakni Bukit Klangon. Pesonanya begitu indah, berlatar Gunung Merapi saat cuaca cerah.

Letak Bukit Klangon sendiri berada di bawah kaki Gunung Merapi tepatnya di Kabupaten Sleman. Dan buat kalian yang ingin menuju ke lokasi kurang lebih memakan waktu yang harus ditempuh 30-40 menit dari pusat kota Yogyakarta. Perjalanan menuju lokasi disajikan dengan bentangan sawah-sawah yang masih asri dan juga suasana sejuk pedesaan Merapi.

Untuk menuju ke Bukit Klangon pun tidak dikenakan biaya sepeserpun atau gratis, kita hanya perlu naik kendaraan pribadi untuk menuju ke lokasi. Walaupun gratis namun tetap sangat memuaskan bisa menikmati pesona Gunung Merapi dari dekat ditambah jalurnya yang mudah untuk dilalui.

Pesona Alam Merapi yang Indah

Di sini kita akan disuguhkan pemandangan luar biasa dari Gunung Merapi. Kita bisa melihat gunung berapi aktif ini dengan jarak yang begitu dekat. Kita tak perlu mendaki hingga puncaknya karena di Bukit Klangon ini kita sudah bisa melihat puncak Gunung Merapi dengan cukup jelas. Di sini terdapat beberapa gardu pandang yang bisa kita gunakan untuk melihat eksotisme alam sekitar bukit. Gardu pandang ini juga biasa menjadi spot foto jadi jangan sampai anda melupakan kamera anda untuk berburu pemandangan yang instagenic.

Downhill Cycling

Bukit Klangon juga sangat direkomendasikan untuk anda yang menyukai wisata sedikit ekstrim. Pengelola telah menyediakan fasilitas sirkuit downhill. Anda bisa bersepeda menyusuri jalur yang disediakan. Jalurnya yang naik turun dan terdapat beberapa bagian yang terjal akan menguji adrenalin anda. Sirkuis downhill di sini diklaim sebagai yang terbaik di Yogyakarta. Tak heran kalau lokasi ini sering dijadikan sebagai tempat untuk menyelenggarakan even bersepeda.

Hill Tracking

Bukit Klangon masih berjarak sekitar 4 sampai 5 km dari Gunung Merapi namun lokasi ini sudah biasa dijadikan tempat untuk tracking dan mendaki yang ramah untuk pemula. Bahkan kita juga bisa menemui anak-anak yang mendaki ke Bukit Klangon ini. Sepanjang perjalanan mendaki kita akan disuguhi pemandangan Merapi yang megah dan jika beruntung kita akan bertemu dengan satwa-satwa hutan Merapi seperti burung kepodang, burung madu gunung, musang, hingga monyet. Kawasan sekitar Bukit Klangon memang dijadikan sebagai salah satu hutan konservasi di Yogyakarta.

Camping Arena

Jika anda ingin merasakan sensasi keindahan alam Bukit Klangon lebih lama anda bisa mencoba aktivitas kemping bersama teman-teman anda. Terdapat area khusus berkemah yang landai.

Selamat menikmati karunia keagungan tuhan dengan mentadaburi merapi di bukit klangon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *