Kapan Pandemi Covid Ini Berakhir?

Kapan Pandemi Covid Ini Berakhir?

Ini adalah pertanyaan yang paling sering ditanyakan banyak pihak sejak satu setengah tahun lalu  virus Corona ‘menguasai dunia’

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan, dia sering mendapat pertanyaan itu.

“Jawaban saya adalah, pandemi akan berakhir ketika dunia memilih untuk mengakhirinya. Itu ada di tangan kita,” katanya, dikutip dari laman WHO.

Prediksi berakhirnya pandemi di suatu negara disebut bisa diukur dengan capaian vaksinasi.

Adanya vaksin Covid-19 dan proses vaksinasi yang tengah berjalan di indonesia dan juga de negara lain di dunia memberikan harapan pandemi ini akan segera berakhir.

Masyarakat di dunia diprediksi bisa kembali hidup normal seperti sebelum pandemi dalam 2-4 tahun lagi karena adanya vaksin.

Meski demikian,asisten Profesor Global Health Policy di London School of Economics Clare Wenham, menegaskan pandemi Covid-19 tidak akan usai hingga populasi dunia terlindungi dari infeksi sebelum vaksin disuntikkan secara merata.

Berdasarkan data baru semua manusia akan disuntik vaksin Covid-19 pada 2023 atau 2024. Ini karena butuh waktu untuk memproduksi dan mendistribusikan vaksin bagi miliaran penduduk dunia.

Maka dari itu, satgas COVID-19 memastikan masyarakat Indonesia harus bersiap hidup berdampingan dengan Corona.

Hidup berdampingan dengan covid bukan berarti menyerah, akan tetapi kita harus merubah perilaku, cara pandang dan beradaptasi dengan kebiasaan baru.

Hidup berdampingan dengan Covid-19 berarti menerapkan berbagai protokol kesehatan di tingkat individu maupun masyarakat. Hal tersebut dilaksanakan dengan kesadaran tinggi.

Protokol itu harus menjadi kebiasaan, bahkan membudaya dalam kehidupan masyarakat. Masyarakat akan saling mengingatkan bila ada yang terlupa. Budaya baru dalam new normal merupakan kekuatan utama dalam menggerakkan masyarakat melaksanakan iklim baru bersama-sama untuk memungkinkan hidup berdampingan dengan Covid-19 tanpa rasa takut.

Point penting yang perlu dilakukan saat pandemi ini ada tiga ; menggunakan masker, mencuci tangan & menjaga jarak.

Semoga pandemi ini segera berakhir, dan kita menjadi bagian dari solusi untuk mengatasi hal ini dengan cara disiplin prokes dan juga mengkampanyekan hal tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *