Mengenal Ahmad Syauqi Soeratno,Senator Dari Yogyakarta Untuk Indonesia

banner 120x600

Siapakah  Ir Ahmad Syauqi Soeratno MM, calon anggota DPD RI dari Muhammadiyah Yogyakarta?

Bagi warga Muhammadiyah, nama Syauqi  sangat populer. Ia tak hanya dikenal di Yogyakarta, kota kelahiran Muhammadiyah, namun kiprahnya juga di tingkat nasional.

Sosok enerjik ini juga dikenal warga Muhammadiyah berbagai daerah di Indonesia.

Syauqi adalah kader tulen Muhammadiyah. Beliau adalah putra dari Prof Dr Hj Siti Chamamah Soeratno, mantan ketua umum PP Aisyiah.

Tenaga dan pikirannya telah memberi kontribusi bagi perjalanan Muhammadiyah.

Alumnus fakultas teknik UGM ini juga dipercaya  mengurusi sejumlah amal usaha Muhammadiyah. Terutama menyangkut bidang ekonomi dan pemberdayaan masyarakat.

Itulah sebabnya, PP Muhammadiyah menempatkan Syauqi sebagai wakil ketua Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan sejak tahun 2016.

Kiprahnya di luar Muhammadiyah, Syauqi juga tak halah hebat. Menduduki sederet jabatan strategis. Saat ini beliau menjabat sebagai Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI DIY, wakil ketua ICMI DIY, Bendahara Majelis Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata Pimpinan Pusat Muhammadiyah (2022-2027), komisaris di berbagai perusahaan, dan beberapa jabatan mentereng lainnya.

Mengapa Muhammadiyah Mendorong Kadernya Untuk Maju menjadi Calon DPD?

Menurut ketua PWM DIY, Dr. Ikhwan Akhada,  Muhammadiyah DIY mengutus Ahmad Syauqi Soeratno untuk dicalonkan sebagai DPD RI merupakan bagian dari penerjemahan keputusan Muktamar Muhammadiyah dan Musywil Muhammadiyah DIY yang mengamanatkan partisipasi warga Muhammadiyah pada ranah keumatan, kebangsaan, dan kemanusiaan universal.

Hal ini merupakan  salah satu ijtihad gerak kebangsaan dan bernegara.

Muhammmadiyah juga menyerukan untuk senantiasa mengedepankan akhlaqul karimah dalam mendorong kadernya untuk menduduki sebagai senator ini. Harapannya cara yang dilakukan Muhammadiyah dapat sebagai role model ditengah pragmatisme yang nyata menggejala di tengah Masyarakat.

Menanggapi dukungan dari warga Muhammadiyah untuk dirinya, Ahmad Syauqi dalam wall FBnya beliau menulis jawaban dengan santun dan penuh optimis.

“Dengan ketaatan, melaksanakan mandat untuk menjemput amanah. Memastikan nilai-nilai kebaikan Muhammadiyah dirasakan tidak hanya bagi warga Persyarikatan, melainkan juga bagi masyarakat dan bangsa,” tulisnya.

Juga dalam baris kalimat berikutnya, “Mohon dukungan selanjutnya untuk perjuangan menuju kemanfaatan yang lebih luas. Dari DIY untuk Indonesia.”

Bismillahirahmanirrahim. Dengan selalu memohon ridho dan barokah Allah SWT.

Semoga Bapak Ahmad Syauqi Soeratno dapat berhasil menduduki senator dari DIY. Amin Ya rabbal ‘alamin (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.